Friday , July 25 2014
HAM HIGHLIGHT

Hari Anak Nasional, 795 Anak Pidana Dapat Remisi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 795 narapidana anak memperoleh remisi dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli. Dari jumlah tersebut, 11 di antaranya dinyatakan langsung bebas. “Dalam rangka Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi anak bagi anak pidana,” kata Kepala Divisi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen ... Read More »

Hari Anak Nasional, 11 Anak Pidana Dapat Remisi Bebas

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam rangka Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan remisi anak atau pengurangan masa tananan terhadap narapidana anak. ‘Anak Pidana’ yang memperoleh Remisi Anak berjumlah 795 anak. Sebelas anak di antaranya dinyatakan langsung bebas. “Pemberian remisi anak ini didasarkan pada pasal 34C ayat (1) Peraturan Pemerintah ... Read More »

Puncak Hari Anak Nasional 2014, Akan Dihadiri Presiden SBY

KBRN, Jakarta: Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2014 akan dihadiri langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Wahyu Hartomo, mengatakan, puncak peringatan Hari Anak Nasional 2014 seharusnya dirayakan pada 23 Juli namun dengan berbagai pertimbangan diundur menjadi 6 Agustus. “Hari ini ... Read More »

Komnas HAM: Tak Ada Prajurit yang Terlibat Pelanggaran HAM 2014

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jenderal TNI Moeldoko didampingi oleh KSAL, KSAU, dan Asops KSAD, menerima kunjungan Ketua Komnas HAM Hafid Abbas yang didampingi oleh Wakil Ketua Komnas HAM Siane Indriani beserta staf di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (18/7/2014). Dalam pertemuan tersebut, dibahas tentang Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di masyarakat dan Ketua Komnas HAM juga menyampaikan bahwa berdasarkan ... Read More »

Manipulasi Suara Termasuk Pelanggaran HAM

Jakarta, Beritaempat.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tidak mau ketinggalan pesta demokrasi Indonesia. Sebagai salah satu bentuk partisipasi mereka, Koordinator Pemantauan Pilpres Komnas HAM menyatakan bahwa manipulasi suara Pilpres 2014 termasuk pelanggaran HAM. “Berdasarkan rapat paripurna Komnas HAM per tanggal 14 Juli 2014 memutuskan manipulasi suara itu adalah pelanggaran HAM,” ujar Koordinator Pemantauan Pilpres Komnas HAM, Maneger ... Read More »

LAPORAN KEGIATAN RAPAT KOORDINASI DAN KONSULTASI SUBDIT WILAYAH II DIREKTORAT YANKOMMAS DI PROVINSI BALI  4-6 JUNI 2014 Tim dari Ditjen HAM khususnya Direktorat Pelayanan Komunikasi Masyarakat melakukan Koordinasi dan Konsultasi pada hari Kamis tanggal 5 Juni 2014 dengan peserta sebanyak 20 orang yang terdiri dari Tim Pelayanan Komunikasi Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali,  dengan mengikut sertakan Polda ... Read More »

Dugaan Pelanggaran HAM Pada Kasus Bioremediasi Harus Dipertimbangkan

Bisnis.com, PEKANBARU- PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) berharap aparat penegak hukum memperhatikan hasil investigasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang dirilis pada tahun lalu terkait adanya dugaan pelanggaran HAM terhadap para karyawannya dalam penanganan kasus proyek bioremediasi. Corporate Communication Manager Chevron Indonesia, Dony Indrawan mengatakan Komnas HAM sudah menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran hak asasi manusian terkait perlakuan ... Read More »

Aparatur Negara harus Pro-Aktif Cegah Pelanggaran HAM

  Aparatur negara harus memahami Hak Asasi Manusia agar kebijakan –kebijakan yang dikeluarkan tidak merugikan Hak-Hak Masyarakat, serta Aparatur pemerintah harus pro aktif untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM.  Melalui Penguatan HAM bagi aparatur kementerian/lembaga sangat penting diikuti oleh Aparatur Negara agar penghormatan, pemenuhan dan perlindungan masyarakat selalu diperhatikan. Hal tersebut di sampaikan oleh Prof. Zudan Arif Fikrullah,SH,MH dalam acara penguatan ... Read More »

Penguatan HAM bagi Aparatur Kementerian/Lembaga Negara

Setiap orang dilahirkan bebas dengan harkat dan martabat yang sama dan sederajat, & berhak atas perlindungan HAM tanpa diskriminasi .Dalam perkembangan reformasi saat ini HAM adalah mandat konstitusional, dimana negara berkewajiban melaksanakan  Penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan HAM . Negara apabila sudah melaksanakan dengan baik  penghormatan, pemenuhan dan perlindungan kepada rakyatnya. Menurut Prof. Harkristuti Harkisnowo,Ph.D yang juga Dirjen HAM ... Read More »

KontraS Sebut Ada 62 Pelanggaran HAM Terkait Pilpres pada Mei-Juni 2014

Jakarta – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mencatat ada 62 peristiwa pelanggaran HAM dan kekerasan terkait Pilpres selama Mei-Juni 2014. Mayoritas merupakan peristiwa penyebaran kebencian. “Peristiwa pelanggaran HAM dan kekerasan terkait Pilpres selama satu bulan saja yaitu Mei-Juni 2014 mencapai angka 62 peristiwa. Paling banyak penyebaran kebencian yaitu 43 peristiwa,” kata Kepala Biro Pemantauan dan Dokumentasi ... Read More »